Pembibitan Pepaya

Pertumbuhan tanaman yang baik sangat ditentukan oleh bibit yang segar dan sehat, sehingga kebunnya akan tumbuh dengan sehat dan lezat.


1. Penyiapan Media Tanam 
Media tanam yang digunakan berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1. Masukkan media ke dalam polibag berukuran 8  x 10 cm dan letakkan di dalam sungkup atau di dalam nurseri.

2.Penyiapan dan Pembuatan Sungkup
Sungkup terbuat dari rangka bambu dengan lebar bawah 1-1,25 m dan tinggi 0,5-0,6 m. Bentuknya melengkung setengah lingkaran. Panjang sungkup disesuaikan dengan kebutuhan bibit. Pembibitan harus berada di tempat terbuka dengan sirkulasi udara yang baik.


3.Penyemaian Benih
Rendam benih dalam air hangat kuku ( sekitar 40 C ) yang dicampur dengan fungisida berbahan aktif propamokarb hidroklorida (Previcur N) konsentrasi 2 ml/1 atau bernomyl disemai. Selanjutnya, buat lubang tanam di polobag menggunakan jari, kira - kira sedalam 1-2 cm. Semai benih ke dalama lubang tanam dengan letak calon akar atau bagian benih yang runcing berada di bawah. Sebelum penyemaian usahakan media semai dalam keadaan basah.


4.Pemeliharaan Bibit
Jaga persemaian selalu berada dalam kondisi lembap, tapi jangan terlalu basah (becek). Untuk menjaga kesuburan bibit, semprotkan pupuk daun.

5.Pemindahan Bibit
pindahkan bibit ke lapangan setelah berumur 30-40 hari atau setelah memiliki 2-3 pasang daun sejati dengan tinggi tanaman 10 -15 cm. Penanaman bibit dilakukan pada pagi / sore hari di bendengan yang sehari sebelumnya telah disiram air  sehingga lembap.



-sumber : sukses bertanam pepaya unggul kualitas supermarket by Sobir, PhD

Related Product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Aneka Tani Mandiri - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger